Siapa yang tidak kenal dengan Facebook dan Twitter,
dua jejaring sosial ini sudah menjadi bagian dari kehidupan kita untuk saat
ini. Selain digunakan untuk bersosialisasi di dunia maya, kedua media ini bisa
kita gunakan juga untuk berbisnis online dan juga berpromosi. Hal ini tentu
akan dimungkinkan jika Anda memiliki banyak teman di Facebook atau memiliki
banyak follower di Twitter. Jika Anda hanya memiliki sedikit banyak teman maka
target promosi Anda tentu saja terbatas. Lantas, bagaimana cara berpromosi melalui Facebook dan
Twitter? Ada beberapa cara yang bisa digunakan:
Berikut merupakan beberapa jejaring sosial yangdapat anda gunakan untuk berjualan, diantaranya:
1. Facebook
Siapa yang tidak tau dengan Facebook? Jejaring
sosial yang satu ini tentunya sangat familiar ya sob. Kemudahan untuk
berkomunikasi dengan pelanggan menjadi salah satu alasan mengapa facebook
sangat penting untuk media promosi. Jangan lupa untuk mengintegrasikan website
kamu dengan akun fan page Facebook bisnismu. Karena dengan demikian pengunjung
website kita akan semakin banyak dikunjungi oleh pengguna internet.
2. Twitter
Jejaring sosial yang satu ini tidak kalah
terkenalnya dengan Facebook. Dengan kecanggihan teknologi, kini Facebook dan
Twitter hadir di semua gadget kamu. Lalu, apa kegunaan akun Twitter bagi
promosi bisnis kamu? Selain untuk mempermudah komunikasi, melalui Twitter kamu
juga akan lebih cepat mendapatkan sekaligus berbagi informasi dengan sesama
pengguna.
3. Pinterest
Banyak yang beranggapan bahwa jejaring sosial ini
belum terlalu populer di Indonesia, padahal penggunanya sudah banyak lho
Pixtemers. Di Pinterest, kamu dapat memanfaatkan sistem “board” untuk
mengkategorikan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Kebanyakan user
Pinterest memang berasal dari luar negeri, dan apabila anda melakukan promosi
melalui jejaring sosial yang satu ini; bukan tidak mungkin lho calon pelanggan
dari luar negeri akan tertarik untuk membeli barang/jasa yang kamu tawarkan.
4. Aplikasi Foto (Instagram)
Jejaring sosial seperti instagram saat
ini juga banyak dilirik oleh pebisnis online karena kemudahan untuk mengupload
banyak foto produk dan user juga dapat memberikan komentar dengan
mudah dan cepat. Cantumkan alamat instagram kamu pada website, agar
calon pelanggan dan pelanggan dapat mengetahui produk-produk terbaru yang
terdapat di toko online anda, berikut contohnya yang bisa anda tiru. silahkan klik IG: Sepatu Murah
5. Linkedin
Siapa bilang Linkedin hanyalah jejaring sosial
untuk kaum professional? Bagi kamu yang bergerak di bidang bisnis online,
linkedin dapat kamu gunakan sebagai tempat untuk memajang profilemu sebagai
pebisnis professional. Bukan tidak mungkin ajakan berbisnis akan datang dari
beberapa pihak, terutama bagi orang-orang yang tertarik untuk menjadi investor.
Kegunaan lainnya? Linkedin akan memperluas jaringan Pixtemers dengan berbagai
kalangan, oleh karena itu manfaatkanlah kesempatan ini untuk melakukan promosi;
terutama jika produk bisnis onlinemu ditujukan untuk segmen kaum professional.
Selain dari 5 Jejaring sosial diatas masih ada
lagi beberapa media lainnya yang bisa anda gunakan untuk promosi, diantaranya:
- Flickr.com
- Last.fm
- Soundcloud.com
- Myspace.com
- Youtube.com
- Tumblr.com
- Google +
Berikut
akan kami share tipsnya, buat yang di fb dan twitter.
1. Mempromosikan produk yang ada di toko online kita
dengan menulis status di Facebooka atau Twitter.
Ini merupakan cara yang termudah untuk menggiring
calon-calon pembeli berkunjung ke toko online Anda dan tentunya syukur-syukur
kalau mereka membeli produk yang tersedia. Hal ini bisa Anda lakukan tiap hari
atau mungkin 4 kali dalam seminggu. Setidaknya dengan cara ini, seseorang akan
diingatkan untuk mencoba berkunjung ke toko online Anda. Jika tidak tertarik
sekarang, suatu saat mereka akan tertarik dengan produk kita.
2. Tag foto produk pada beberapa teman yang Anda kenal
Cara ini paling sering digunakan oleh pengguna
facebook yang berjualan secara online. Upload foto produk, tag produk ke
teman-teman Anda, jangan lupa untuk memberikan keterangan pada produk dan
menambahkan link toko online Anda. Dengan cara sederhana ini, sedikit
demi sedikit akan membantu dalam promosi, baik produk yang dijual maupun toko
online Anda.
3. Membuat Group atau Facebook Like(dulu Fans Page)
seperti kita ketahui sebuah komunitas atau group
memiliki ‘kekuatan’ dalam penyebaran informasi. Apabila Anda sudah
memiliki facebook, tidak ada salahnya mencoba membangun sendiri group di
facebook sesuai dengan toko online yang Anda miliki. Walaupun group terbatas
hanya untuk 5000 member saja, tapi sedikit banyak akan membantu dalam proses
marketing dan promosi lainnya.
Selain itu, Facebook juga memiliki fasilitas Facebook
Like, dulunya sering disebut Facebook Fan Page. Awalnya ditunjukan untuk sebuah
brand, produk atau selebritis saja, namun sekarang pengguna biasa juga sudah
bisa menggunakannya. Hal ini bisa kita aplikasikan untuk toko online yang Anda
miliki.contoh simpelnya adalah: Pusat Grosir Sepatu | Toko Sepatu Murah | Jual Sepatu Olahraga