Donderdag 16 April 2015

Jejaring Sosial Yang Bisa Anda Gunakan Untuk Berjualan

Siapa yang tidak kenal dengan Facebook dan Twitter, dua jejaring sosial ini sudah menjadi bagian dari kehidupan kita untuk saat ini. Selain digunakan untuk bersosialisasi di dunia maya, kedua media ini bisa kita gunakan juga untuk berbisnis online dan juga berpromosi. Hal ini tentu akan dimungkinkan jika Anda memiliki banyak teman di Facebook atau memiliki banyak follower di Twitter. Jika Anda hanya memiliki sedikit banyak teman maka target promosi Anda tentu saja terbatas. Lantas, bagaimana cara berpromosi melalui Facebook dan Twitter? Ada beberapa cara yang bisa digunakan:

foto logo jejaring sosial, logo fb, logo twitter, logo sosial media

Berikut merupakan beberapa jejaring sosial yangdapat anda gunakan untuk berjualan, diantaranya:

1. Facebook                                                                                   
Siapa yang tidak tau dengan Facebook? Jejaring sosial yang satu ini tentunya sangat familiar ya sob. Kemudahan untuk berkomunikasi dengan pelanggan menjadi salah satu alasan mengapa facebook sangat penting untuk media promosi. Jangan lupa untuk mengintegrasikan website kamu dengan akun fan page Facebook bisnismu. Karena dengan demikian pengunjung website kita akan semakin banyak dikunjungi oleh pengguna internet. 

2. Twitter
Jejaring sosial yang satu ini tidak kalah terkenalnya dengan Facebook. Dengan kecanggihan teknologi, kini Facebook dan Twitter hadir di semua gadget kamu. Lalu, apa kegunaan akun Twitter bagi promosi bisnis kamu? Selain untuk mempermudah komunikasi, melalui Twitter kamu juga akan lebih cepat mendapatkan sekaligus berbagi informasi dengan sesama pengguna.

3. Pinterest
Banyak yang beranggapan bahwa jejaring sosial ini belum terlalu populer di Indonesia, padahal penggunanya sudah banyak lho Pixtemers. Di Pinterest, kamu dapat memanfaatkan sistem “board” untuk mengkategorikan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Kebanyakan user Pinterest memang berasal dari luar negeri, dan apabila anda melakukan promosi melalui jejaring sosial yang satu ini; bukan tidak mungkin lho calon pelanggan dari luar negeri akan tertarik untuk membeli barang/jasa yang kamu tawarkan.

4. Aplikasi Foto (Instagram)
Jejaring sosial seperti instagram saat ini juga banyak dilirik oleh pebisnis online karena kemudahan untuk mengupload banyak foto produk dan user juga dapat memberikan komentar dengan mudah dan cepat. Cantumkan alamat instagram kamu pada website, agar calon pelanggan dan pelanggan dapat mengetahui produk-produk terbaru yang terdapat di toko online anda, berikut contohnya yang bisa anda tiru. silahkan klik IG: Sepatu Murah

5. Linkedin
Siapa bilang Linkedin hanyalah jejaring sosial untuk kaum professional? Bagi kamu yang bergerak di bidang bisnis online, linkedin dapat kamu gunakan sebagai tempat untuk memajang profilemu sebagai pebisnis professional. Bukan tidak mungkin ajakan berbisnis akan datang dari beberapa pihak, terutama bagi orang-orang yang tertarik untuk menjadi investor. Kegunaan lainnya? Linkedin akan memperluas jaringan Pixtemers dengan berbagai kalangan, oleh karena itu manfaatkanlah kesempatan ini untuk melakukan promosi; terutama jika produk bisnis onlinemu ditujukan untuk segmen kaum professional.
Selain dari 5 Jejaring sosial diatas masih ada lagi beberapa media lainnya yang bisa anda gunakan untuk promosi, diantaranya:

  1. Flickr.com
  2. Last.fm
  3. Soundcloud.com
  4. Myspace.com
  5. Youtube.com
  6. Tumblr.com
  7. Google +
Berikut akan kami share tipsnya, buat yang di fb dan twitter.

1. Mempromosikan produk yang ada di toko online kita dengan menulis status di Facebooka atau Twitter.
Ini merupakan cara yang termudah untuk menggiring calon-calon pembeli berkunjung ke toko online Anda dan tentunya syukur-syukur kalau mereka membeli produk yang tersedia. Hal ini bisa Anda lakukan tiap hari atau mungkin 4 kali dalam seminggu. Setidaknya dengan cara ini, seseorang akan diingatkan untuk mencoba berkunjung ke toko online Anda. Jika tidak tertarik sekarang,  suatu saat mereka akan tertarik dengan produk kita.

2. Tag foto produk pada beberapa teman yang Anda kenal
Cara ini paling sering digunakan oleh pengguna facebook yang berjualan secara online. Upload foto produk, tag produk ke teman-teman Anda, jangan lupa untuk memberikan keterangan pada produk dan menambahkan link toko online Anda.  Dengan cara sederhana ini, sedikit demi sedikit akan membantu dalam promosi, baik produk yang dijual maupun toko online Anda.

3. Membuat Group atau Facebook Like(dulu Fans Page)
seperti kita ketahui sebuah komunitas atau group memiliki ‘kekuatan’ dalam penyebaran informasi.  Apabila Anda sudah memiliki facebook, tidak ada salahnya mencoba membangun sendiri group di facebook sesuai dengan toko online yang Anda miliki. Walaupun group terbatas hanya untuk 5000 member saja, tapi sedikit banyak akan membantu dalam proses marketing dan promosi lainnya.
Selain itu, Facebook juga memiliki fasilitas Facebook Like, dulunya sering disebut Facebook Fan Page. Awalnya ditunjukan untuk sebuah brand, produk atau selebritis saja, namun sekarang pengguna biasa juga sudah bisa menggunakannya. Hal ini bisa kita aplikasikan untuk toko online yang Anda miliki.contoh simpelnya adalah: Pusat Grosir Sepatu | Toko Sepatu Murah | Jual Sepatu Olahraga
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...